Minggu, 09 Oktober 2011

Pengenalan sistem komputer


        Sistem komputer adalah sekumpulan elemen-elemen elektronik  yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input ,menyimpan perintah –perintah , dan menyediakan output dalam bentuk informasi ) yang berfungsi  untuk menjalankan komputer .
           Standar pada system  komputer terdapat  pada :
·         Bahasa  Pemograman  : JAVA, SQL, dll
·         Format Data (image, GIF, JPEG, MPEG, dan text :UNICODE)
·         Printer : Bahasa  postscript
·         Sound: MP3

Protocol adalah  aturan atauran dasar dalam komunikasi antara komputer dan peralatan 1/10 serta pemograman. Contoh : saat ingin berkomunikasi dalam web browser menggunakan Hypertext  Transmission Protocol (HTTP).


Komponen- Komponen Sistem  Komputer

        Sistem komputer terdiri dari empat komponen, yaitu  perangkat keras (hardware), perangkat lunak (Software), dan brainware (user).
1.      Perangkat keras (Hardware)
    Sesuatu yang nyata atau dapat di sentuh . Perangkat keras terdiri dari CPU, memori, peralatan 1/10 perangkat penyimpan, Monitor , Casing, Motherboard, dan perangkat tambahan .
2.      Perangkat lunak (Software)
    Kumpulan intruksi-intruksi yang menentukan apa yang harus dilakukan oleh komputer  sehingga mendapatkan hasil yang berguna.
3.      Brainware  (User)
    Adalah  personil-personil yang terdapat langsung dalam pemakaian komputer seperti system  analisis , programmer operator,user,dll.

Arsitektur komputer
           Terbentuknya dari keempat  komponen di atas  dimna bersama –sama membentuk  arsitektur  komputer. Stalling (1996)  menyatakan  arsitektur komputer  berkaitan dengan atribut-artibut  yang memiliki dampak langsung  pada eksekusi  sebuah program. Contoh artibut  arsitektural adalah set intruksi  jumlah bit yang digunnakan  untuk merepresentasikan bermacam-macam jenis data, mekanisme 1/10, teknik-teknik pengalaman  memori, sedangkan atribut organisasional meliputi rincian hardware yang dapat di ketahui oleh programmer seperti sinyal-sinyal control, interface komputer dan peripheral, serta teknologi memori yang digunnakan.

Jenis-  Jenis  Komputer  Berdasarkan  Prosesor
       Berdasarkan prosesor, komputer di bagi menjadi tiga bagian , yaitu mainframe, mini computer dan personal komputer (pc)
·         Supercomputer
     Mesin ini terdiri dari banyak  komputer  berkirnerja sangat tinggi yang berkerja secara paralel dalam suatu sistem.  Mesin ini lebih mengutamakan banyaknya jumlah  processor  dan memori . Mesin ini dapat menganalisis  dan memvisulisasikan  suatu proses atau fenomena yang tidak terlihat. Superkomputer digunakan untuk perhitungan yang sangat kompleks  dan pekerjaan yang sangat kompleks dan perkerjaan  yang intensif seperti peramalan cuaca, penelitian iklam, pemodelan molekul dan simulasi fisik (seperti simulasi pesawat terbang dalam terowongan angin, riset fusi nuklir) dan lain-lain.
·         Mainframe
     Adalah komputer yang proseornya mempunyai  kemampuan  sangat besar  karena di tunjukan untuk banyak pengguna. Mainframe lebih  terfokus pada kapasitas penyimpanan yang besar dan jalur komunikasi yang bayak dan cepat. Sistem  operasu dari komputer ini mampu menangani ratusan program aplikasi secara bersamaan.
·         Minicomputer
    Minicomputer adalah bentuk mini dari komputer Mainframe. Miniframe lebih terbatas hanya sampai puluhandan mungkin hanya ratusan. Minicomputer sekarang jarang dipakai karena lebih fleksibel menggunakan komputer PC dan teknologi informasi Local Area Network (LAN)
·         Personal Komputer (PC)
    Istilah Personal Komputer pertamakali digunnakan di majalah New Scientist pada tahun 1964 dalan artikel beseri yang berjudul “The World in 1984”. Komputer ini terdiri dari monitor , keyboard,dan CPU. Dengan penabahan berbagai perangkat tambahan, performa komputer pc dapat melebihi mainframe dan minicomputer.

Jenis Komputer Berdasarkan Bentuk Dan Fisik
    Bersarkan bentuk dan ukuran, komputer terbagi menjadi 6 , yaitu :
·         Tower
    Sesuai namanya yang diberikan adalah Tower maka bentuknya seperti Menara (tower), sehingga meletakkan komputer ini biasanya disamping atau dibawah.
·         Desktop
    Ukuran dari komputer tidak seperti tower yang memanjang ke atas  tetapi memajang ke bawah . Posisi letak dari Desktop biasanya di tengah-tengah meja kerja.
·         Protable
     Sesuai dengan nama yang di berikan , ukuran komputer ini di sesuaikan dengan tujuanya yaitu mudah di bawa-bawa sehingga berukuran lebih kecil dari desktop.
·         Netbook
     Netbook adalah komputer yang berukuran sebesar buku catatan (yang banyak digunnakan oleh pelajar, mahasiswa , dan orang-orang yang berbinis).
·         Subnotebook
     Subnotebook adalah komputer yang berukuran diatara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer yang sedikit lebih kecil dan notebook karena ada sebagaian perangkat yang tidak dipasang biasa disk drive.
·         Palmtop
    Palmtop adalah komputer yang dapat digengam. Ukuranya sangat kecil , kira-kira sedikit lebih kecil dibandungkan kaset video beta. Komputer ini sering disebut handheld computer. Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik, melainkan baterai kecil biasa (ukuran A4).

Jenis Komputer Berdasarkan Jenis Data Yang Diolah
       Bedasarkan pada datanya yang diolahnya, komputer dapat dibagi atas 3 bagian :
·         Komputer Analog
     Komputer ini di gunnakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secra kontinu dan paralel biasanya tidak memerlukan bahasa perantara.Contaohnya komputer yang di gunnakan di rumah sakit untuk mengkur suhu , kecepatan suara,tegangan listrik,dan lain-laian.
·         Komputer digital
     Komputer ini digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf,angka,kombinasi, huruf dan angka,karakter-karakter khusus) biasanya memerlukan perantara. Contoh komputer PC.
·         Komputer Hybrid
      Komputer hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dengan komputer digital. Contoh faksmili.

Jenis Komputer Berdasarkan Tujuan
       Bedasarkan tujuan , komputer terbagi menjadi beberapa bagian , diantaranya adalah :
·         Special Purpose Computer
     Komputer ini berfungsi untuk keperluan khusus. Biasanya software yang mengendalian proses sudah berada langsung ada sistem .Contohnya komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket.
·         General Purpose Computer
     Komputer ini dibuat untuk keperluan secra umum, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya. Contohnya PC.

Enam Jenis Kategori Sistem Komputer
       Kategori sistem komputer di masukan ke dalam enam jenis ( Englander,2003) yaitu Sistem single-user dan Workstatioan, Sistem  multi user (Multiuser system) , Sistem server jaringan (Network server system) ,Sistem waktu sekarang (Real time system) , Sistem kendali Embedded system dan sistem terdistribusi (distributed system).

·         Sistem  single-user, single task
    Sistem yang di rancang dimana pengguna secara efektif hanya bias melakukan satu hal pada suatu waktu. Contohnya Palm OS untuk komputer genggam Palm.
·         Sistem  single-user,Multi –tasking
    Sistem  single-user dan multitasking mengizinkan pengguuna untuk menjalankan beberapa proses pada waktu yang bersamaan. Contohnya sat melakukan pekerjaaan seperti secara waktu bersamaan membuka aplikasi mendengarkan music, browsing, mengetik Microsoft Windows Apple MacOS adalah salah satu contoh sistem informasi yang digunnakan pengguna saat melakukan perkerjann secra bersamaan pada waktu bersamaan.
·         Sistem Multiuser
    Sistem ini mengizinkan berbagai user yang berbeda dalam berbagi sumber daya yang ada secara bersamaan. Contohnya  adalah server unix di mana pengguna memiliki akses beberaoa remode (seperti melalui secure shell) untuk unix shell prompt pada waktu yang sama.
·         Sistem server Jaringan
    Sistem yang memili pengkontrol dalam suatu lingkungan sesuai dengan permintaan dari yang satu server bertindak sebagai pengkontrol dan sisanya sebagai yang di control.
·         Sistem waktu Nyata
    Sistem dimna satu atau lebih proses harus  bias mengakses CPU secra cepat ketika diperlukan.
·         Sistem kendali Embedded
    Sistem yang dirancang untuk mengendalikan sebagaian peralatan, seperti automobile. Contohnya layanan teknisi yang harus bias menghubungkan sebuah terminal 1/10 ke sistem untuk menganalisis mobil
·         Sistem Terdistribusi
   Sistem berdasarkan pengolahan data yang di didtribusikan antar komputer dalam jaringan. Ada 2 jenis sistem terdisribusi   yaitu: Sistem Client-Server dan Sistem Peer-to-peer. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar